Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Pantai Tanjung Bira, Pantai yang Indah di Sulawesi Selatan


Pantai Tanjung Bira, Pantai yang Indah di Sulawesi Selatan
Foto: Pantai Tanjung Bira Bulukumba, Sulawesi Selatan


Pesona yang ada di Indonesia ini cukup beragam dan banyak juga keindahan-keindahan lainnya yang bisa didapatkan. Salah satu pantai yang terletak di Sulawesi Selatan ini pun bisa menjadi salah satu contoh bahwa keindahan itu memang nyata. Jadi, alangkah indahnya manusia harus senantiasa bersyukur akan ciptaan-Nya. 

Mungkin, banyak orang hanya tahu Pantai Losari saja yang ada di Sulawesi Selatan ini. Namun harus bisa diketahui bahwa ada juga pantai yang tak kalah indah dengan Losari, yaitu Pantai Tanjung Bira Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai itu pun bisa menjadi salah satu primadona bagi para wisatawan karena keindahan pasir putihnya yang tampak nyata untuk dinikmati oleh mata telanjang ataupun lainnya. Kemudian, pantai ini pun bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar kurang lebih enam jam saja dari Makasar. Maka, hal semacam itu pun bisa dikatakan cukup mudah untuk ditempuh melalui perjalanan darat dari arah kota Makasar itu. 

Memang, harus bisa disadari bahwa Indonesia Timur itu jangan diragukan lagi kalau masalah tempat wisatanya karena banyak juga yang bagus-bagus. Oleh karena itu, pantai yang terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi, tepatnya berada di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan ini bisa dikatakan pantai yang memiliki pasir putih yang lembut hingga terkenal ke mancanegara.



Foto: Air Laut Pantai Tanjung Bira


Tempat pariwisata yang satu ini pun tentu memiliki keindahan atau kelebihan jika dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya. Oleh karena itu, harus bisa disadari bahwa para wisatawan berlibur ke pantai itu, pasti salah satu yang dicari itu adalah spot foto maka tempat ini pun bisa menjadi tujuan untuk mendapatkan spot foto yang menarik. Kemudian, air laut di pantai ini pun sangat jernih sehingga akan tampak jelas ketika mata memandang ke dasarnya. 

Mungkin, banyak orang juga yang menyukai pantai berpasir putih sehingga banyak orang juga yang berlama-lama bermain sampai lupa waktu. Oleh karena itu, magnet yang paling menonjol di tempat ini pun adalah pasir putihnya yang bersih dan lembut. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berliburan ke tempat yang satu ini?

Salah satu hal yang sering dikeluhkan dalam berliburan itu adalah soal penginapan. Namun, jangan usah diresahkan kalau Anda berkunjung ke tempat ini karena penginapan di sini pun bisa dikatakan banyak. Kemudian, soal kuliner pun banyak. Oleh karena itu, Pantai Tanjung Bira ini pun bisa dikatakan sangat cocok dikunjungi bersama keluarga ataupun kekasih yang ada di dalam hati. 


Foto: Menyelam/Menikmati Keindahan Dalam Laut


Apakah Anda menyukai snorkeling? Hmmm. Tempat yang indah ini pun sangat cocok kalau dipakai untuk snorkeling karena air lautnya yang jernih. Oleh karena itu, banyak wisatawan juga yang tak kuat ingin berenang jikalau sedang memandangnya. Hal semacam itu pun bisa menjadi candu karena keindahan yang Tuhan berikan ini tampak nyata dan sangat indah untuk dinikmati. 



Pantai Tanjung Bira adalah pantai yang bisa membuat Anda betah berlama-lama. Sebab, tak hanya keindahan saja yang bisa dinikmati. Namun, pantai yang satu ini mempunyai sejarah panjang yang wajib diketahui. Kemudian, sejarah yang sangat terkenalnya bahwa pantai ini adalah salah satu pantai yang digunakan untuk menjadi tempat pembuatan kapal pinisi. Oleh karena itu, Pantai Tanjug Bira pun sangat menarik untuk bisa dikunjungi karena banyak keindahan dan sejarah yang bisa didapatkan di tempat ini. 



Salah satu faktor yang menarik juga kalau berwisata itu sekaligus bisa menikmati sejarahnya atau mencari tahu atau melihatnya. Oleh karena itu, pasti akan lebih indah kalau ke tempat ini sekaligus bisa melihat proses pembuatan kapal tradisional pinisi. Kenapa harus seperti itu? Ya, sebab kapal ini pun menjadi kapal tradisional rakyat Sulawesi terutama suku Bugis. Maka, tak jarang juga banyak wisatawan yang mengabadikan momen melihat langsung itu ke dalam ponselnya atau alat video lainnya. 

Menikmati keindahan yang ada di pantai ini pun bisa menjadi salah satu ajang untuk me-refresh otak agar senantiasa fresh kembali untuk ke depannya. Maka, pantai yang berpasir putih, pantai bersih, air laut yang jernih serta keindahan panoramanya yang nyata, dan tak lupa juga ada sejarah, sehingga pantai ini akan sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam list destinasi yang akan dikunjungi ketika waktu libur tiba.[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN