Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/K├ássia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Pesona yang Indah di Tanjung Kelayang Belitung

Tanjung Kelayang
Foto: Tanjung Kelayang Belitung/travelapak.id

K
eindahan
panorama alam Indonesia ini tak perlu diragukan lagi karena mungkin saja setiap jengkal wilayahnya mempunyai ikonnya sendiri. Bahkan, setiap mata memandang ke setiap panorama yang indah itu akan selalu terpana. Hal ini pun menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki dan harus dijaga di tanah Indonesia ini. 

Mungkin, banyak orang pun yang berpikir bahwa keindahan alam ini harus senantiasa dipromosikan agar bisa terkenal dan sebaliknya. Namun, semua itu pun harus berdasarkan fakta bahwa benar-benar sangat indah dipandang oleh mata telanjang ataupun lainnya. Memang, hal ini pun tak akan bisa lepas dari suatu kinerja pemerintahan itu sendiri dalam menjaga lingkungannya sehingga selalu segar dan asri 

Banyak juga tempat di Indonesia ini yang menawarkan keindahan alam yang mengagumkan. Namun, kali ini ada sesuatu tempat yang bisa dibilang juga sebagai sepotong surganya dunia. Kemudian, tempat itu adanya di mana? Tempat wisata itu berada di Pantai Tanjung Kelayang. 

Apakah Anda tahu Pantai Tanjung Kelayang? Mungkin, sebagian orang sudah hafal betul dengan tempat wisata yang satu ini dan sebaliknya. Namun, harus bisa diketahui juga bahwa di tempat ini akan ditawarkan oleh pasir putih yang membentuk semenanjung. Oleh karena itu, keindahan yang ada di sini pun bisa benar-benar indah ketika dikunjungi. Bukan hanya itu saja! Namun, banyak lagi keunikan yang bisa didapatkan di tempat ini. 

Sebelum pergi ke tempat ini, tentu yang harus dicari tahu adalah alamat tempatnya. Kemudian, Pantai Tanjung Kelayang ini merupakan salah satu pantai yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Lebih tepatnya, lokasi tempat ini berada di Kecamatan Sijuk dan berjarak sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan yang merupakan ibu kota Kabupaten Belitung.

Tempat ini pun bisa dikatakan destinasi favorit karena view yang akan didapatkan pun sangat indah. Oleh karena itu, bisa terlihat dari ujung semenanjung pun akan dimanjakan oleh deretan batu-batu granit yang tertata secara alami. Bukan hanya itu saja! Tempat ini pun pernah menjadi salah satu tempat syuting film Laskar Pelangi. Bagaimana indah, bukan? 



Jangan usah dihiraukan lagi bahwa Tanjung Kelayang merupakan suatu pelabuhan yang mana untuk menuju Island Hopping. Kemudian, destinasi tempat ini pun menawarkan perjalanan menuju Island Hopping dengan menaiki perahu-perahu nelayan yang ada di sekitar. Sewaktu di perjalanan pun akan dimanjakan oleh pemandangan air yang jernih dan lainnya. 


Batu Granit Raksasa
Foto: Batu Granit/kompas.com


Namun, harus bisa disadari bahwa tak hanya keindahan laut saja yang bisa dinikmati di tempat ini. Akan tetapi, keindahan pantainya juga wajib diketahui! Pantai Tanjung Kelayang pun akan menawarkan keindahan sunset ataupun hanya perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi. Kemudian, pantai ini pun akan menawarkan keindahan pemandangan batu granit yang seperti garuda atau sering dikenal batu garuda. 

Tak bisa dielakkan lagi bahwa suatu destinasi ini cocok banget untuk pemburu spot foto. Kenapa seperti itu? Ya, di tempat ini pun menawarkan berbagai sudut untuk berswafoto. Ya, tinggal pilih saja mau di mana untuk melakukan berswafoto ataupun lainnya. Kemudian, banyak hal lain juga yang bisa didapatkan di tempat ini, misalnya bisa melihat beberapa pulau yang ada di sekitar semenanjung ini. 

Jika, menginginkan tempat yang agak sepi, sejuk nan indah, tentu tempat ini pun menyediakannya. Oleh karena itu, salah satu tempat wisata ini bisa terbilang lengkap karena sangat cocok juga bagi kaum introvert dan lainnya. Tempat yang agak sepi di sini pun menawarkan penginapan-penginapan yang berbentuk seperti camping sederhana. Namun, semua itu pun tak mengurangi keindahan yang ditawarkam di sini! 

Kemudian, harus bisa diketahui juga bahwa Pantai Tanjung Kelayang ini merupakan salah satu yang termasuk ke dalam program pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas atau dikenal juga 10 Bali Baru oleh pemerintah sejak 2015. Oleh karena itu, Tanjung Kelayang bisa dikatakan salah satu harapan yang bisa memunculkan keindahan lain yang ada di Indonesia. 



Memang, salah satu harapan itu sangat dimanfaatkan oleh Tanjung Kelayang sehingga tempat ini mendapakatkan salah satu pengakuan, yaitu terpilih menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2016. Terpilih itu bukan hanya terpilih saja! Akan tetapi, tentu mendapatkan nilai yang unggul dari lainnya, misalnya keunggulan dari geostrategisnya, yakni terletak di antara Indonesia dan negara ASEAN. Nah, hal semacam itu pun menjadi sebuah penilaian yang plus untuk Tanjung Kelayang ini. 



Jangan sampai ketinggalan juga bahwa ada suatu tempat yang paling enak ketika ke tempat ini, yaitu sebelah barat pantai ini. Kenapa dengan tempat itu? Ya, di sana adalah tempat yang paling enak untuk memburu sunset. Ya, banyak juga orang yang menyukai sunset karena keindahan itu pun tercipta secara alami sehingga bisa membuat mata terpana ketika melihatnya.

Tak akan lengkap kalau ke suatu tempat, tetapi tak mencicipi kulinernya. Nah, tempat ini pun menawarkan berbagai jenis kuliner khas laut atau siput. Kemudian, hal semacam ini tak boleh ditinggalkan kalau berkunjung ke tempat ini. Sebab, kuliner di sini pun terkenal dengan makanannya yang Masih fresh dan lainnya. Bagaimana cukup indah, bukan?[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN