Postingan Terbaru

Di Persimpangan Hati

Gambar
Ilustrasi | Pexels.com/Erik Mclean di persimpangan hati  aku menguatkan semua keyakinan  yang terus bermunculan ingin keluar  dan pergi dari balik kebimbangan  kini, aku harus bagaimana?  memilih pergi tuk kembali pada awal  atau mencari tantangan yang tak  pernah dilewati sebelumnya Tuhan, aku bingung!  kenapa harus seperti ini  jalan yang kau berikan di bilik-bilik  bimbang kehampaan dan air mata apakah pernah kuminta hal seperti ini?  dalam kebimbangan di pagi hari  aku malah seperti bocil yang menangis;  tak tahu apa-apa dalam segala bidang  dan melongo di segala arah yang terlihat  Tuhan, apakah aku harus menyerah dalam keadaan?  mungkin saja, pertanyaan itu terdengar retorika  bagi Kau yang mendengar dengan seksama  bagi Kau yang mendengarkan secara bijaksana  namun, aku malah merasakan getir  getir yang amat dalam, dalam perjalanan ini  Tuhan, berikan kekuatan dan kesabaran buat diri ini!  2024

Sering Terjadi Saat Jam Kerja, Inilah Tips Mencegah Rasa Kantuk setelah Makan yang Wajib Anda Ketahui!

Sering Terjadi Saat Jam Kerja, Inilah Tips Mencegah Rasa Kantuk setelah Makan yang Wajib Anda Ketahui!
Ilustrasi | Pexels.com/Andrea Piacquadio

Entah karena apa, mungkin saja banyak orang sering mengalami kebiasaan buruk setelah makan, yaitu rasa kantuk yang susah dihilangkan, terutama setelah makan siang.

Hal semacam itu bisa menjadi problema kalau sedang masuk jam kerja. Kemudian, apa yang membuat seseorang merasakan ngantuk itu, sih?

Dalam persoalan itu, beberapa orang juga banyak yang menganggap bahwa kebiasaan ini sebagai hal yang wajar. Akhirnya, minum kopi menjadi pilihan mereka untuk meredakan rasa ngantuk.

Namun, harus bisa diketahui bahwa sebenarnya dalam hal ini tidak melulu minum kopi, ada banyak juga hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa ngantuk setelah makan.

Nah, dalam artikel ini pun akan sedikit membahas cara atau tips untuk mencegah rasa ngantuk setelah makan yang dilansir dari laman UMSIDA , yakni sebagai berikut:


1. Minum air putih

Pertama, mengonsumsi air putih yang cukup setelah makan akan mengurangi rasa ngantuk. Hal ini pun dikarenakan air putih itu mampu membuat seseorang lebih peka terhadap ransangan/lebih fokus lagi dalam waktu yang lama.

Tidak hanya itu saja! Namun, minum air putih juga bisa membantu memecah makanan sehingga alat pencernaan tidak terlalu susah mencernanya.

Nah, asupan air putih itu dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

2. Memperhatikan porsi makan

Poin ini bisa menjadi penting untuk diingat bahwa memperhatikan jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi pun akan berpengaruh pada rasa kantuk yang muncul.

Sebelum kamu merasakan ngantuk yang tiba-tiba datang setelah makan, maka lebih baik juga kamu memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Kemudian, kamu pun bisa menghindari makanan yang mengandung lemak dan gula seperti junk food. Oleh karena itu, makanan tersebut hanya mengandung kalori dan tidak memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh.

Salah satu hal yang amat penting juga ialah porsi makan pun harus bisa diperhatikan lebih detail, pastikan kamu makan makanan yang mengandung gizi yang cukup.

3. Menggerakkan badan

Setelah makan, alangkah lebih baiknya kamu bisa menggerakkan badan. Nah, jikalau hanya duduk-duduk saja, kemungkinan juga rasa kantuk itu akan semakin besar.

Dalam hal semacam ini pun kamu hanya perlu untuk menggerakkan badanmu dengan gerakan sederhana saja sehingga dengan bergerak, oksigen pun dapat dialirkan ke seluruh tubuh dengan baik.

4. Minum kopi

Minum kopi pun bisa menjadi pilihan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa kantuk setelah makan di siang hari.

Nah, kafein yang ada di dalam kopi pun cukup ampuh untuk melawan rasa ngantuk. Maka sebaiknya, jangan minum kopi terlalu sore karena efek kafein bertahan cukup lama di dalam tubuh.


Dengan demikian, seperti itulah tips atau cara untuk mencegah rasa kantuk yang suka datang setelah makan di siang hari.

Kemudian, tips ini pun akan berguna untuk memperlancar produktivitasmu dalam menjalani aktivitas sehari-harinya.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN