Postingan Terbaru

Di Persimpangan Hati

Gambar
Ilustrasi | Pexels.com/Erik Mclean di persimpangan hati  aku menguatkan semua keyakinan  yang terus bermunculan ingin keluar  dan pergi dari balik kebimbangan  kini, aku harus bagaimana?  memilih pergi tuk kembali pada awal  atau mencari tantangan yang tak  pernah dilewati sebelumnya Tuhan, aku bingung!  kenapa harus seperti ini  jalan yang kau berikan di bilik-bilik  bimbang kehampaan dan air mata apakah pernah kuminta hal seperti ini?  dalam kebimbangan di pagi hari  aku malah seperti bocil yang menangis;  tak tahu apa-apa dalam segala bidang  dan melongo di segala arah yang terlihat  Tuhan, apakah aku harus menyerah dalam keadaan?  mungkin saja, pertanyaan itu terdengar retorika  bagi Kau yang mendengar dengan seksama  bagi Kau yang mendengarkan secara bijaksana  namun, aku malah merasakan getir  getir yang amat dalam, dalam perjalanan ini  Tuhan, berikan kekuatan dan kesabaran buat diri ini!  2024

Sering Pegal ketika Bangun Tidur? Inilah Penyebabnya yang Wajib Anda Ketahui, Yuk Dicatat!

Ilustrasi | Pexels.com/Andrea Piacquadio

Merasa pegal ketika bangun tidur di pagi hari menjadi salah satu hal yang tidak mengenakkan, karena bisa saja mengurangi efektifitas harian Anda di hari tersebut.

Pegal pada tubuh ketika bangun di pagi hari pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Nah, hal semacam itu pun akan sedikit dibahas di dalam artikel ini.

Melansir dari laman Rumah Sakit Sari Asih bahwa ada beberapa penyebab umum pegal pada tubuh ketika bangun di pagi hari, yakni sebagai berikut:


1. Posisi tidur

Postur tidur atau posisi tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan tegangan otot dan menyebabkan rasa pegal saat bangun tidur.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya ketika tidur itu menggunakan bantal yang sesuai dengan preferensi dan menjaga posisi tidur yang baik sehingga dapat membantu mengurangi masalah ini.

2. Kurang gerakan saat tidur

Jika, Anda tidur dalam posisi yang sama tanpa banyak gerakan selama beberapa jam, maka otot-otot dapat kaku dan terasa pegal saat bangun tidur.

Nah, cobalah untuk bisa mengubah posisi tidur dan gerakan tubuh Anda secara perlahan di tempat tidur untuk mencegah kekakuan otot.

3. Stres atau kelelahan

Dalam hal ini, tingkat stres yang tinggi atau kelelahan fisik dan mental pun dapat menyebabkan ketegangan otot yang berlanjut, termasuk saat tidur.

Maka, praktik manajemen stres, seperti relaksasi atau teknik pernapasan pun dapat membantu mengurangi pegal pada tubuh ketika bangun di pagi hari.

4. Aktivitas fisik yang berlebihan

Jika, Anda melakukan aktivitas fisik intens sebelum tidur atau menjalani program latihan yang berat, maka otot-otot Anda mungkin terasa pegal saat bangun tidur.

Maka, alangkah indahnya harus bisa istirahat dengan cukup dan diperbolehkan juga untuk melakukan peregangan setelah aktivitas fisik sehingga dapat membantu mengurangi keluhan ini.

5. Masalah kesehatan tertentu

Nah, beberapa kondisi kesehatan, seperti arthritis, fibromyalgia, atau sleep apnea pun dapat menyebabkan rasa pegal pada tubuh saat bangun tidur.

Jika, gejala terus berlanjut atau menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut.


Dengan demikian, jikalau rasa pegal ketika bangun tidur terus berlanjut maka alangkah lebih baiknya segera berkonsultasi dengan dokter di fasilitas kesehatan terdekat.

Kemudian, melakukan konsultasi atas apa pun keluhan terkait medis kepada orang yang tepat agar dapat membantu Anda untuk menjalani rutinitas harian dengan lebih maksimal dan bersemangat lagi.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN