Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Sering Pegal ketika Bangun Tidur? Inilah Penyebabnya yang Wajib Anda Ketahui, Yuk Dicatat!

Ilustrasi | Pexels.com/Andrea Piacquadio

Merasa pegal ketika bangun tidur di pagi hari menjadi salah satu hal yang tidak mengenakkan, karena bisa saja mengurangi efektifitas harian Anda di hari tersebut.

Pegal pada tubuh ketika bangun di pagi hari pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Nah, hal semacam itu pun akan sedikit dibahas di dalam artikel ini.

Melansir dari laman Rumah Sakit Sari Asih bahwa ada beberapa penyebab umum pegal pada tubuh ketika bangun di pagi hari, yakni sebagai berikut:


1. Posisi tidur

Postur tidur atau posisi tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan tegangan otot dan menyebabkan rasa pegal saat bangun tidur.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya ketika tidur itu menggunakan bantal yang sesuai dengan preferensi dan menjaga posisi tidur yang baik sehingga dapat membantu mengurangi masalah ini.

2. Kurang gerakan saat tidur

Jika, Anda tidur dalam posisi yang sama tanpa banyak gerakan selama beberapa jam, maka otot-otot dapat kaku dan terasa pegal saat bangun tidur.

Nah, cobalah untuk bisa mengubah posisi tidur dan gerakan tubuh Anda secara perlahan di tempat tidur untuk mencegah kekakuan otot.

3. Stres atau kelelahan

Dalam hal ini, tingkat stres yang tinggi atau kelelahan fisik dan mental pun dapat menyebabkan ketegangan otot yang berlanjut, termasuk saat tidur.

Maka, praktik manajemen stres, seperti relaksasi atau teknik pernapasan pun dapat membantu mengurangi pegal pada tubuh ketika bangun di pagi hari.

4. Aktivitas fisik yang berlebihan

Jika, Anda melakukan aktivitas fisik intens sebelum tidur atau menjalani program latihan yang berat, maka otot-otot Anda mungkin terasa pegal saat bangun tidur.

Maka, alangkah indahnya harus bisa istirahat dengan cukup dan diperbolehkan juga untuk melakukan peregangan setelah aktivitas fisik sehingga dapat membantu mengurangi keluhan ini.

5. Masalah kesehatan tertentu

Nah, beberapa kondisi kesehatan, seperti arthritis, fibromyalgia, atau sleep apnea pun dapat menyebabkan rasa pegal pada tubuh saat bangun tidur.

Jika, gejala terus berlanjut atau menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut.


Dengan demikian, jikalau rasa pegal ketika bangun tidur terus berlanjut maka alangkah lebih baiknya segera berkonsultasi dengan dokter di fasilitas kesehatan terdekat.

Kemudian, melakukan konsultasi atas apa pun keluhan terkait medis kepada orang yang tepat agar dapat membantu Anda untuk menjalani rutinitas harian dengan lebih maksimal dan bersemangat lagi.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN